Curug Cinulang : Si Cantik dari Sumedang

Curug atau dalam bahasa Indonesia biasa disebut air terjun merupakan salah satu objek wisata yang banyak dimiliki dan dinikmati oleh masyarakat Provinsi Jawa Barat. Salah satu Curug indah yang dimiliki Provinsi ini adalah Curug Cinulang.
Berlokasi di perbatasan antara Kabupaten Bandung dengan Kabupaten Sumedang, tepatnya di Desa Sindulang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat dengan koordinat GPS -6° 57’ 44.00”, +107° 52’ 53.00”.

 



Berjarak ±38 Kilometer ke arah Timur dari Kota Bandung, dengan akses yang cukup mudah karena dapat dilalui dengan akses tol Cipularang. Setelah melewati pintu tol, diteruskan melalui akses jalan Bandung – Garut sampai Km ke 11 terdapat papan petunjuk arah yang menginformasikan lokasi Curug Cinulang dan berjarak 2,5 Km ke arah timur dari papan petunjuk arah. Dengan kondisi jalan yang mulus, menjadikan akses kendaraan lebih mudah untuk melalui jalan masuk Curug Cinulang.

Curug Cinulang memiliki dua buah air terjun yang memiliki ketinggian ±50 meter, satu sama lain ±30 meter jaraknya. Air yang jernih, pemandangan yang indah, dapat membawa ketenangan dan kedamaian saat menikmati Curug ini. Dengan debit air yang besar dan derasnya air yang mengalir, pengunjung biasanya menikmati aliran air sungai Citarik yang mengalir dari Curug tersebut.




Selain menikmati air terjun yang indah, wisatawan juga dapat menikmati pendakian bukit yang terletak diseberang sungai. Tidak hanya pendakian bukit, dibagian atas tepat di samping sungai yang mengalir ke air terjun utama terdapat wahana bermain anak-anak.

Fasilitas yang dimiliki Curug Cinulang adalah banyaknya warung-warung kecil yang menyediakan berbagai hidangan, kios-kios aksesoris khas. Dengan biaya sebesar Rp. 2.000 per orang sebagai tiket masuk dan Rp. 1.000 per kendaraan anda dapat menikmati keindahan dan keasrian objek wisata Curug Cinulang.


Categories: Share





Leave a Reply